Membuat Sendiri Remote Switch Untuk Foto Slow Speed

Membuat Sendiri Remote Switch Untuk Foto Slow Speed

Foto-foto yang dihasilkan dari teknik memotret long exposure atau slow speed menuntut tersedianya peralatan yang cukup untuk menjaga agar kamera tidak bergerak/bergoyang  sedikitpun selama shutter dibuka agak lama. Untuk menghasilkan efek slow speed dari aliran air terjun pada foto di bawah ini diperlukan  waktu pencahayaan 3 detik, jadi selama 3 detik kamera harus dipertahankan stabilisasinya.
curug1b-frame-LR

Sedangkan gambar sungai di bawah ini–foto hasil jepretan anak kedua saya Muhammad Faris Saeful’ilmi–menggunakan waktu pencahayaan 1 detik untuk menghasilkan efek slow speed yang agak terasa dari aliran air,
foto
Foto: Muhammad Faris Saeful’ilmi
dan gambar danau Nanhu di waktu malam di bawah ini memerlukan waktu pencahayaan 3,2 detik.
nanning-upload
nanning#3-upload
Selain tripot, peralatan lain yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek slow speed adalah remote switch. Peralatan remote switch berfungsi menggantikan tombol shutter sehingga dengan menggunakan alat ini pemotret dapat membuka shutter melalui saklar yang dihubungkan dengan kabel ke kamera. Remote switch untuk kamera Canon EOS 450D yakni seri RS-60E3 telah tersedia di pasaran dengan harga berkisar antara US$9 sampai dengan US$25, itu saja belum termasuk ongkos kirim kalau kita membelinya dari internet atau pasar online lainnya.
RS-60E3
Remote Switch RS-60E3
Remote switch dapat diperoleh dengan biaya yang sangat murah yakni dengan membuat sendiri dari mouse bekas dan dan beberapa komponen lainnya seperti jack audio stereo ukuran 2,5 mm, kabel audio stereo (berisi 3 jalur) dan sebuah saklar. Langkah pembuatannya adalah:
  • Siapkan mouse bekas, bukalah penutupnya dan putuskan jalur PCB (printed circuit board) yang menghubungkan rangkaian dalam mouse dengan ketiga saklar kiri, kanan dan tengah mouse. Pastikan saklar-saklar mouse  baik kiri/kanan maupun tengah, kaki-kakinya terbebas dari hubungan dengan rangkaian mouse.
  • Sediakan sebuah jack audio stereo ukuran 2,5 mm dan satu buah saklar on-off.
  • Selanjutnya buatlah jalur koneksi saklar membentuk konfigurasi seperti gambar berikut ini. Untuk menambah fungsi saklar mode bulb, perlu diberi saklar on/off eksternal yang dihubungkan secara berjajar/paralel dengan salah satu saklar kiri/kanan dari mouse.
kon-remote-switch
Gambar berikut ini adalah remote switch yang saya buat  dengan menggunakan mouse bekas. Saklar mouse kanan dan kiri digunakan sebagai tombol shutter, sedangkan saklar tengah untuk autofocus.
rm-mouse-1
Saklar on-off saya pasang di bagian belakang (berwarna biru) yang difungsikan sebagai tombol shutter pada mode BULB.
rm-mouse-2
Pemasangan remote switch “murah” buatan sendiri pada kamera Canon EOS 450D ditunjukkan pada gambar berikut ini.
shutter-release-terpasang1 shutter-release-terpasang2
Hasil ujicoba remote switch buatan sendiri sangat memuaskan karena dapat berfungsi seperti yang diharapkan. Gambar air terjun dan sungai dengan efek slow speed di atas saya peroleh dengan melibatkan remote switch buatan sendiri. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar